1 Bulan

Wahhh gak terasa sekarang Baby Reno sudah 1 bulan.

Proses adaptasi setelah punya baby lagi ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Sebelumnya sempat ngebayangin ntar nyusuinnya masih ingat gak ya trus begadang masih kuat gak yaa. Ditambah lagi mandiinnya gimana yaa hahhaha. Dulu waktu Adel kan kita ada nanny yang new born jadi urusan mandiin bisa dihandle nanny tapi kali ini kita memutuskan tidak hire nanny baru. Sementara pas gw cuti gw full yang urus sendiri dibantuin sama nanny-nya Adel, demi pengiritan hehehhe. Nanti pas gw balik kerja jg rencananya dia yang urusin baby sambil urusin Adel juga. Adel sekarang kan sudah besar , sekolah juga udah lumayan lama dan diharapkan bisa mandiri nih. Sekarang tapi makan masih disuapin sama mandi juga masih dimandiin. Lainnya dia sudah bisa sendiri. Sebenernya sih dia bisa cuman malas ajaa. Musti ditatar lagi hehehhe.

Untuk antisipasi mandiin bayi, gw sampai beli kursi yang untuk mandiin itu dan ternyata gak kepake hehhehe. Ya gpp deh buat Reno duduk-duduk ajaa sunbathing hehehe. Sejak di rumah sakit kan sudah bareng gw trus yaa, jadi ternyata masih inget semua gw, cara gendong, cara nyusuin, gantiin popok. Yang lupa massage breast ajaa biar lancar ASI nyaa, kebetulan di rumah sakit tiap hari ada kelasnya jadi diajarin cara massage, cara mandiin bayi, cara bedong, lumayan untuk refresh memory.

Begadang-begadangnya ternyata hanya di awal-awal saja pada waktu baby masih belajar cara nyusu yang benar. Itupun Reno ini sangat terjadwal kalau gw perhatikan dibandingkan waktu masa-masa Adel. Reno minta nyusu 2 jam sekali awal-awal dia lahir kalau Adel bisa setengah jam, 1 jam jadi benar-benar capek banget ditambah lagi karena pengalaman pertama belum berani nyusuin sambil tiduran. Ini anak kedua jadi dari minggu kedua juga udah nyusuin sambil tidur aja hehhee. Lama-lama malam-malam hanya bangun 1-2 kali saja untuk nyusu itu juga posisi gw dalam posisi tiduran jadi gak terlalu capek seperti jamannya Adel.

Awal-awal sempat kuatir juga sih apa Reno kurang minum yaa soalnya pipisnya gak terlalu sering. Tapi positive thinking ajaa kalau dia lagi belajar nyusuin jadi tetap konsisten 2 jam sekali nawarin. Setelah beberapa hari baru deh mulai banyak pipisnya dan BAB nya juga warna dan teksturnya sudah sesuai dengan panduan hehehe. Jadi ingat jaman Adel sampe ngitungin jumlah popok basah di ember saking parnonya takut Adel kurang nyusunyaa.

Kemarin imunisasi sekalian ditimbang kan, ternyata sudah naik beratnya jadi 3.7 kg dan panjangnya dah bertambah jadi 52 cm. Pantesan kalau gendong sekarang rasanya lebih berat hehhee. Trus dari minggu ketiga gw juga udah mulai nabung ASIP (ASI perah) dan masih mikir nanti mau ngasihnya pake dot atau gimana yaa. Mudah-mudahan ada pencerahan. Waktu Adel sih akhirnya pake dot soalnya lebih praktis sambil komat kamit supaya gak bingung puting. Itu nyari dot yang dia mau juga susah banget, karena awal-awal semua jenis dot dari berbagai merek sukses ditolak.

Sekarang siang-siang udah sering melek trus bisa anteng aja tiduran sambil tengok kanan tengok kiri trus ngeluarin suara bayi-nya hehehhe. Lucunyaaa. Sehat-sehat terus yaa Reno.

 

Moreno's first month

Moreno’s first month

x3av6ivparzjic1alxzinxreuaaas4li

Iklan