Salah Siapa?

Pagi ini seperti biasa gw naik bis feeder perumahan. Ternyata yang biasanya ada 3 bis jadi cuman ada 2 bis karena supir bis yang satunya harus pulang kampung karena ada keluarganya yang meninggal. Mgk karena terlalu mepet jadi gak sempat untuk cari supir pengganti. Gw dah mikir pasti rame neh bis nya tapi karena gw udah naik dari pemberhentian pertama jadi dijamin pasti dapat tempat duduk. Bis mulai jalan untuk muter perumahan sekitar jam 5:45. Trus naiklah Ibu M sebelumnya sudah ada Ibu L dan Ibu N. Ibu L dan Ibu N ini duduknya sederetan sama gw. Gw di yang 2 kursi sedangkan mereka di yang 3 kursi. Ibu M akhirnya duduk di samping gw. Sambil duduk dia bilang ke Ibu N kalo Ibu R minta di-take-in tempat , dia nunggu di deket pintu tol. Disinilah masalah mulai muncul karena kan rame tuh jadi banyak yang gak dapat tempat duduk. Sedangkan ada satu kursi kosong yang gak boleh ditempatin karena Ibu N bilang ada orangnya.

Ada satu ibu2 yang tidak suka dengan hal ini dan dia langsung tegur Ibu N. Dia bilang gak boleh gt dong , gak ada etikanya, beragama gak seh, dosa lah bla bla bla. Ibu N gak seneng dong digituin. Dia mulai merepet bilang kalo ini kan fasilitas perumahan jadi dia merasa sah2 saja bila orang perumahan reserve tempat seperti itu walaupun naiknya belakangan. Pusing deh dengernya mereka berdua ribut mulut gt. Pas Ibu R naik , ibu ini gak kasih dia duduk. Ibu ini malah pindah ke deretan Ibu N dan Ibu L dan nyuruh orang yang berdiri duduk di tempat duduk dia sebelumnya yang notabene pas di belakang deretan kursi Ibu N. Sepanjang jalan mereka berdebat terus, gw sampe gak bs bobo heheheh. Padahal biasanya gw di bis itu bobo untuk nutupin kekurangan waktu tidur gw hehehhe.

Ujung2nya para penghuni perumahan yang suka naik bis katanya akan ke kantor management hari Sabtu ini untuk protes. Jadi mereka punya BB group untuk orang2 yang sering naik bis, karena gw gak pake BB yah gak bs ikutan hehehhe. Menurut gw seh percuma juga lah protes. Management kan juga kerjasama dengan operator bis nya. Operator pasti mau untung dong. Mana mgk mereka mau khusus angkut penghuni perumahan doang. Emang ada jaminan bis nya penuh kalo dikhususin gt. Dan gw emang dari dulu gak suka kalo ada yang reserve2 tempat gt. Siapa yang duluan naik yah dia yang berhak duduk dong. Lah emang bayarnya juga sama. Emangnya penghuni perumahan bayar lebih apa sehingga diistimewakan. Kalo gak ada orang luar perumahan yang naik juga gw yakin bis nya gak bakalan ditambah jadi 3 kayak sekarang. Gw aja bangun pagian supaya bisa naik dari ujung dan dapat tempat yang enak. Kalo sampe telat dan gak dapet tempat duduk, menurut gw seh itu udah konsekuensi yah. Ada sebab ada akibatnya juga. Itu seh menurut gw. Gara2 urusan kayak gini, gw jadi gak bs tidur nyenyak di bis deh hehehhee. Mudah2an besok gak ada drama kayak gini lagi deh, gw kan cinta damai hehehhee.

Iklan

Little Miss Choosy

Ini julukan gw buat Adel. Adel tuh fussy banget kalo soal per-toilet-an. Maunya yang bersih dan klosetnya duduk. Kalo lagi jalan2 di mal seh gpp yah gampang nyarinya. Tapi kalo kayak lg pergi ke Bogor kayak waktu liburan lebaran kemaren jadinya ribet deh. Kita ke Bogor kan dalam rangka nemenin Auntie nya si Adel beli kulit dari suppliernya. Rumah suppliernya tuh bukan di Bogor kota nya, jadi masih kurang lebih 20 menit dari daerah Pajajaran situ. Daerahnya namanya Ciomas. Dalam perjalanan kesana tuh tiba2 Adel bilang dia sakit perut. Gw langsung deg2an pas dia bilang gt. Soalnya kan bingung nyari toilet yg kloset duduk di daerah sana. Eh taunya bener aja gak ada. Pas ketemu mini market kita tanyain ada toilet gak. Rata2 ada tapi kloset jongkok. Gw tanya ke Adel mau gak yang jongkok, eh dia jawab duduk aja. Waduh mabok deh kalo gt hehhehe. Sampe2 Papanya tuh nanya ke satu rumah yang dijadikan kantor yang keliatan agak bagus dan ternyata klosetnya jg jongkok.

Auntie nya juga nanyain ke suppliernya apakah di rumahnya toiletnya duduk atau jongkok. Ternyata jongkok jg. Haiya gimana neh. Tapi Uncle nya Adel akhirnya bilang ya udah kita ke rumahnya supplier nya dulu aja nanti coba dibujuk2 supaya mau di kloset jongkok sambil si Auntie transaksi kan. Oke deh kalo gt langsung aja kita ke sana. Sampe di rumahnya, si Adel gak ribut tuh sakit perut. Malahan tuh anak liat ada kue keju di meja jadi pengen. Gw suruh dia minta ama bapaknya. Biasanya dia kan berani tuh. Di restoran aja kalo mau sendok atau apa lah , dia bisa bilang ke pelayannya. Eh kali ini dia malu2 gt, dia suruh2 gw. Bapaknya kebetulan denger dan mempersilakan Adel buat nyomot hehhehe. Akhirnya ambil 1 dan keterusan yang berikut2nya. Gak tau deh abis ampe berapa potong. Ada kue coklat jg dan dia sempet nyomot tapi akhirnya dikasih ke gw karena dia gak doyan.

Papanya Adel sampe bingung, nih anak katanya tadi sakit perut tapi kok sekarang malah asyik ngunyah. Kalo kita kayaknya udah gak kepengenan buat makan hahahhaha. Pokoknya selama si Auntie milih2 kulit, Adel asyik aja ngunyah kue keju nya. Katanya enak hahahahhahha. Setelah transaksi selesai, kita pamitan ke bapaknya. Rencananya mau ke arah Bogor kota nya buat makan siang. Nah di perjalanan ini, Adel ribut lagi sakit perut. Akhirnya pas liat ada dealer Suzuki kita putusin untuk mampir. Pas masuk ke dalam ternyata toiletnya agak kotor ya trus remang2 gt. Ngeliat gt si Adel cuman mau pipis doang. Waduh bener2 milih banget nih anak.

Akhirnya terusin aja perjalanan sampe ke restoran deh. Di mobil Adel nyender aja ama gw trus masih sempet2nya makan anggur hahhaha. Sampe restoran buru2 bawa ke toilet. Untungnya toiletnya bersih dan klosetnya duduk, ada semprotan juga. Akhir2 ini kebiasaan Adel kalo ke toilet umum pasti nanyain, ada tissue gak, ada tempat sampah gak, ada semprotan gak, semuanya deh ditanyain. Disini akhirnya bisa juga deh pup. Dia lega, papa mamanya juga lega hahhahah. Sejak jadi mama emang masalah ke belakang ini kadang suka bikin stress hahhahaha.

Hari2 Tanpa Pengasuh

Seperti para ibu2 bekerja yang lain, sehari2 gw lumayan mengandalkan pengasuh untuk membantu gw jagain Adel pas gw di kantor. Menjelang lebaran kemaren, nanny nya Adel mengajukan proposal untuk pulang kampung selama 2 minggu. Kaget jg gw dengernya, kok lama amat. Tahun lalu masih 10 hari saja. Tapi setelah dipikir2 karena ini setahun sekali dan juga dia jarang cuti, gw kabulkan permintaannya. Lagipula gak seperti tahun2 sebelumnya, perusahaan meliburkan kantor 1 minggu, jadi gw cukup ajukan cuti 5 hari lagi. Nanny nya Adel kalo pulang kampung maunya naik kereta, karena kalo naik bis gak sanggup katanya dengan macet nya itu. Jadi gw bantuin beliin tiket, maksudnya gw suruh orang buat ke Stasiun Senen untuk ngantriin tiket buat dia hahahhaa. Dapet jg akhirnya untuk tgl 29 Agustus, pas malam takbiran. Eh gak taunya lebaran diundur 1 hari, jadi untung di si suster deh hehheheh.

Meskipun dapat tiketnya tgl 29 tapi dia minta dari tanggal 27 sore dah cabut dari rumah. Katanya hari Minggunya dia mau beli baju dulu hehehhe. Gw seh gak masalah, toh gw jg hari Sabtu kan emang libur. Hari Sabtu itu gw langsung berangkat untuk nginep di rumah mama gw. Jadi rencananya gw bakalan nginep disana untuk 1 minggu, yang ternyata diundur sampe tgl 7 September karena sekalian mau sembayang 2 tahun Papa gw. Gw putusin untuk nginep aja soalnya biar ada yg bantuin gw jg dan kalo di rumah nyokap mau kemana2 gampang. Trus adik gw jg udah bilang mau ajak jalan2 keliling Jakarta jadi gw pikir bakalan gak terlalu stress kayak tahun lalu.

Satu hal yang bikin gw stress kalo gak ada sus tuh hanya nyuapin makan Adel. Yang lain gw gak masalah. Kalo makan disuapin gw selalu gak sebanyak kalo disuapin ama sus. Malah kalo tahun lalu pernah dia bener2 gak mau makan makanan yang gw masak, akhirnya gw kasih cemilan keju, biskuit, dll. Tahun ini gw sampe cari2 resep yang kira2 mudah buat gw di internet. Trus gw susun jadwal menu nya dia selama 2 minggu (yang pada akhirnya gak terlalu gw ikutin juga, liat sikon aja) . Trus gw pikir kan ada adek gw yg cowok yang bisa bantuin masak juga hehehhehe. Jadi gw merasa lebih siap lah tahun ini. Tahun lalu gw di rumah berduaan aja ama si Adel. Pernah dia teriak, gw juga teriak saking bingungnya musti gimana lagi biar dia makan. Sampe gw kasih main es batu, area meja makan sampe basah2 hehehheheh. Soalnya MIL kan buka toko, liburnya hanya pas tanggal merah jadi sisa libur tuh hanya diisi gw berdua aja di rumah ama Adel. Tahun lalu nyokap gw sama adik gw pergi jalan2 jadi gak bisa ngungsi deh ke rumah nyokap. Untungnya tahun ini mereka gak ada rencana kemana2 jadi gw bs ngungsi hehehhe.

Ritual gw selama libur 2 minggu ngurusin Adel tuh :

1. Bangun tidur langsung kasih susu UHT sambil jalan2, kalo di rumah nyokap gw suka ajak ke belakang liat monyet (gak tau piaraan siapa, cuman diikat di tiang listrik gt) atau ke Indomaret (Adel suka banget liat2 disana, masuk2 langsung ambil keranjang trus muter2 hahahhaha)

2. Balik rumah trus mandi, gw siapin sarapan dia trus suapin. Kadang2 dia gak mau sarapan yang gw buat, jadi pernah gw buatin oatmeal dia gak mau buka mulut sama sekali. Akhirnya ditawarin cerealnya adik gw dan dia mau sambil disuapin ama adik gw itu hehehhe. Gw akhirnya gosok baju aja hahhaha.

3. Bikin jus atau potong buah buat Adel. Karena kadang suka ribet suapin jus nya, gw akhirnya potong kecil2 aja buah nya, dan Adel suruh suapin sendiri aja, lebih praktis.

4. Siapin makan siang dan kadang2 sekalian makan sore.

5. Ajak Adel tidur siang. Nah gara2 ada gw, dia jadi siang2 minta nenen jg deh pas tidur siang, huhuhuhuhu. Padahal kemaren2 udah mulai gak nenen kalo tidur siang. Harus mulai di-disiplin-in lagi neh.

6. Bangun tidur biasanya abis itu kita pergi ke mal hehhehe. Jadi agenda nya selama libur tuh bener2 mall to mall. Jadi hampir tiap hari si Adel naik tut tut yang di mal. Kalo ke mal pasti langsung minta main, haiya…. Kadang2 sebelum ke mal udah gw suapin makan dulu di rumah. Nah awal2 masih mau duduk disuapin, trus abis beberapa suap biasanya minta pindah, trus minta digendong (sampe sakit bahu gw). Kadang2 lumayan banyak makannya, kadang cuman beberapa suap doang. Kalo di mal gw suapin jg musti jalan2, duduk paling cuman sebentar. Kayaknya banyak banget aturan yang gw langgar pas suapin dia tapi mau gmn lagi abisnya gw udah bingung deh kalo soal suapin Adel, yang penting dia mau makan deh. Sampe2 hari2 terakhir libur tuh dia maunya makan mie aja, jadi gw bikinin spaghetti berbagai versi. Pagi2 jg maunya makan telur rebus aja. Tp biar makan utamanya gampang2 susah, Adel ini demen ngemil. Dia suka ngemil anggur, keju, jeruk, roti, kue, dll. Jadi gak gt kuatir banget seh hehhehehe.

7. Pulang dari jalan2 trus mandi sore

8. Suapin Adel makan malam

9. Sikat gigi dan ganti piyama

10. Tidur

Berasanya emang capek banget yah urus anak itu. Apalagi kan bener2 full sama gw. Apa2 maunya sama gw. Belon lagi kalo minta gendong, modar deh gw hehehhehe. Yah tapi dinikmatin aja deh, mumpung dia masih nyari gw, nanti kalo udah gede mgk udah jarang2 kan mau bareng. Trus berasanya Adel agak lebih manja selama bareng gw. Mgk karena selama ini jarang bisa berhari2 gt ama gw doang. Gw lumayan menikmati ngurusin Adel kali ini seh. Mgk juga karena faktor banyak jalan2 nya jadi gak berasa tau2 hari udah lewat aja. Gw bener2 salut sama ibu2 yang jagain anaknya sendiri. Sabarnya bener2 harus banyak. Ini aja kadang2 gw udah bener2 gak sabar sampe rasanya mau teriak aja. Tapi untungnya gw masih bs kendalikan diri. Trus adik2 gw jg sering bilang “Sabar… sabar” sambil senyum2 hehhehehe.

Akhirnya tgl 12 September subuh, sus Adel balik juga. Tadinya janjinya tgl 11 udah kerja lagi tapi katanya gak dapet tiket kereta dari sana nya. Yah gpp deh cuman beda satu hari.

Selama liburan itu, adik gw jg sambil lancarin bawa mobil. Hari pertama ikut dia bawa mobil agak deg2an jg karena sering mati mesin dan jalannya lama banget. Tapi hari2 berikutnya dah tambah gape aja dia, tambah lancar juga. Hari kedua aja dia udah nekad bawa ke Pamulang ke rumah tante gw. Di rumah tante gw ini kan ada cucu2nya yg cowok2 3 orang usia SD gt deh. Adel seneng banget main disini karena koko2nya itu pada sayang ama dia. Semua mainannya dikeluarin buat Adel main. Trus Adel kan bawa koper dia yg bs didudukin dan ditarik itu, koko2nya semua rebutan mau tarik dia. Sampe2 dia gak mau pulang hahahha. Trus besok2nya ngajakin ke rumah koko mulu hahahha, ketagihan dia. Kapan2 yah del, soalnya jauh seh hehehhehe. Kita juga sempet ikut ke Bogor karena adik gw Santy mau beli kulit, kan dia sekarang usaha buat tas batik, jadi butuh kulit. Di Bogor ini ada supplier yang murah. Kita ikutan aja sekalian jalan2 hahahhahah.

Pas tanggal 7 yang peringatan 2 tahun bokap gw, kita sembayang di rumah juga di vihara (pelimpahan jasa untuk Papa) trus ke Ancol buat tabur bunga soalnya Papa gw dikremasi dan abunya dibuang ke laut sesuai permintaan Papa. Tadinya mau naik perahu buat tabur bunga, cuman kok mahal banget yah. Di Bandar Djakarta kan ada perahu jg tuh, tukangnya minta 100rb. Trus kita pikir coba cari yang di luar aja sapa tau lbh murah, eh malah 200rb. Mama gw tawar , masa tukangnya bilang “Mau tabur bunga kok nawar”. Jadi akhirnya kita gak jadi deh naik perahu, takutnya nanti dah di tengah diapa2in ama tukangnya, abis ngomongnya gt. Kita jalan aja lewat jembatan deket Le Bridge sampe ujung baru kita tabur bunga nya.

Tanggal 11 nya gw ada 2 kondangan. Pagi nya di Kapel Kanisius jam 10 trus malamnya di Mariott. Kebetulan hari itu Santy ada kerjaan WO dan minta laki gw bantuin. Jadi gw ke Kanisius nya dianterin adik gw tapi gak ditemenin jadi di-drop-in aja disana. Gw berdua doang ama Adel di sana. Untungnya si Adel lumayan kalem di dalam kapel. Paling dia bolak balik aja jalan di kursi yang kita dudukin. Trus minta ke toilet sampe 3x hehehhehe. Pertama pipis trus pup trus pipis. Adel neh udah pup di banyak tempat hahahhaha. Sampe pernah mampir ke toko furniture untuk numpang pup gara2 dia di tengah jalan bilang sakit perut. Pas hari ini mama gw juga ulang tahun. Kita udah pesenin cupcake set dan pas gw mau pergi ke Kapel itu pas kue nya sampe di rumah. Siangnya jadi kita lunch di resto tapi cuman sama adik gw Wei2 aja karena kan Santy dan laki gw masih ngurusin WO. Abis lunch trus kita pulang karena biar bisa istirahat bentar sebelum pergi kondangan malamnya. Pestanya rame sekali sampe susah geraknya. Disana Adel puas deh makan anggur hehhehe. Dalam perjalanan juga tumben2nya dia minta makan. Akhirnya gw suapin aja di dalam mobil. Tadinya gw dah bingung mau kasih makannya gmn soalnya dia udah ngemil macam2 sebelum berangkat. Untungnya dia makan lumayan juga ditambah di pesta dia ngemil anggur dan bihun goreng. Kita gak nunggu poto bareng soalnya takut kemalaman. Semua dah pada capek jadi mau buru2 pulang aja buat istirahat.

Begitulah acara liburan selama 2 minggu bersama Adel. Sampe tahun depan lagi deh.

Adel naik tut2 bersama Piglet

 

Adel Bobo di Mobil

 

Random Pics