Adel Marah

Jumat minggu lalu pas malam2, Adel udah makan yoghurt, udah rapi pake piyama dan sudah gosok gigi. Pas lagi main di bawah , tiba2 dia ngajak ke arah kulkas. Minta dibukain kulkas, trus dia ambil agar2 yang di cup itu. Gw bilang ama dia, pegang aja yah gak boleh dimakan karena kan udah gosok gigi. Eh dia ngotot mau makan, nangis2 marah. Gw tetep kekeh gak kasih dong. Dengan pintarnya pas dia liat Papa nya, dia langsung merajuk ke bapaknya bilang mau mau. Untungnya kita udah kompak, satu bilang gak boleh yang lain jg mendukung. Dia tambah marah lah karena dua2 nya gak kasih. Akhirnya gw gendong aja naik ke atas, coba alihkan perhatian dia. Yang berhasil adalah main lotion, jadi gw pencet botol lotionnya ke arah kaki trus gw suruh dia oles2in lotionnya. Main itu gak lama trus dia minta tidur. Gw pikir baguslah gak lama2 ngambeknya. Eh ternyata jam 3 pagi dia bangun, nangis. Dan hanya mau digendong sama Papa nya. Sepertinya masih marah kali gara2 kejadian semalamnya hehehehe. Papanya capek gendong dia soalnya dia gak mau diturunin sama sekali. Ngajak ke bawah tapi Papanya harus terus gendong dia, kalo diturunin dia nangis2, mungkin dia ngantuk kali yah jadi maunya digendong gak mau jalan sendiri. Di bawah jg ngajakin ke kulkas mulu, sepertinya nyari agar2 itu tadi. Karena dia buka kulkas yang satu lagi jadinya gak ketemu deh. Lagipula di kulkas yang lain udah gw umpetin jg seh. Akhirnya sampe kurang lebih 1 jam lah, jam 4 dia gak tahan lagi ngantuknya, baru deh dia panggil2 gw. Ya sudah gw gendong dia naik ke atas, gak lama dia tidur deh. Lucu juga yah anak kecil bisa inget aja trus juga cerdik banget kalo yang satu gak kasih, dia langsung beralih ke yang lain. Emang kita sebagai orang tua harus kompak di depan anak.

Iklan

Wiken Kemarin

Wiken kemarin ini suster nya Adel cut, yang gw takutin kalo suster cuti tuh cuman satu ngasih makan si Adel. Entah kenapa kalo gw yang suapin dia makan pasti selalu gak abis. Pas lebaran tahun kemaren jg gt tuh. Selama 10 hari gw pusing dan stress dia makannya dikit banget. Sampe segala jurus dan cara udah gw lakuin, main es, makan di meja makan bareng gw, sambil nonton teve de el el. Trus MIL gw jg coba masakin bubur dengan style dia, mgk dia masak kan lebih enak daripada gw hehehhe, tapi tetep aja kalo gw yang suapin dia gak napsu. Dulu awal2 makan seh gak gt deh, mgk lama2 karena gw keenakan ada suster yang suapin jadi jarang banget suapin Adel. Tp gimana yah, kadang wiken pengen agak santai dikit setelah 5 hari pergi pagi pulang malam. Jadi kalo urusan makan nya Adel, gw cenderung untuk suruh si suster aja yg urusin. Tapi gw udah rencana seh pengen coba bikinin beberapa jenis makanan buat Adel. Abisnya gw jg gak bisa masak seh hehehhee. Jadi suka gak pede kalo masuk ke dapur, pengen seh bikinin macem2 buat Adel. Yah nanti belajar deh hehehhe.

Jadi acara wiken kemaren, sabtu nya Papa Adel sembayang ke Bogor ke kuburan Popo nya. Jadi gw di rumah ama Adel aja ditemenin sama sepupunya Papa Adel. Adel bangun jam 7 lewat trus seperti biasa minum susu dulu. Ini kasih susu jg dia bilangnya gak mau-gak mau terus. Gw bujuk2 trus minum juga setengahnya. Abis itu kita jalan2 ke taman dulu sambil gw bawa jg sisa susu nya, sapa tau nanti pas di taman dia mau minum. Muter2 di dalam cluster, nyariin si Miaw hehhehehhe, gak ketemu. Lucu nya pas gw tanya Adel, mau cari kucing gak. Dia jawabnya, mau “Miauuu” trus dia tunjuk ke sebelah kiri , jadi belok deh ke arah yang dia tunjuk. Sambil jalan, gw tawarin minum susu, eh mau juga. Lumayan deh tinggal dikit. Oh yah sebelon berangkat ke taman, gw udah rebus macaroni dulu, rencananya mau kasih macaroni and cheese buat sarapan. Sekitar setengah jam jalan2, gw ajak dia balik. Liat tukang bubur, dia teriak2 bubur bubur hahahhaha. Gw bilang gak makan bubur nanti makan macaroni aja di rumah. Sampe rumah , buru2 siapin air buat dia mandi trus tumis2 macaroni nya. Selesai mandi, gw suapin dia. Eh cuman mau dikit doang, bingung deh gw. Gw tanya mau makan apa, dia jawab “so so”. Oooo mau makan bakso, kebetulan kemaren malam MIL ada masak kuah bakso, ya udah deh gw ajak dia duduk di meja makan, gw kasih bakso ikan ama kuah nya. Macaroni nya ditolak ama dia huhuhuhu, akhirnya gw yang abisin. Dia makan bakso jg dikit banget, beneran deh kalo gak ada susternya, makannya tuh setengahnya deh dari yang biasanya. Sampe2 pas ditinggal 10 hari pulang kampung aja, dibilang ama MIL gw kurusan huhuhuhuhu. Sedihnya….

Sore nya gw pergi ke rumah nyokap mau nginep soalnya besok mau sembayang ceng beng bokap gw. Malam2 jg dia gak mau makan, cuman mau makan bakso goreng. Ya sudah deh, gw suapin yoghur aja , untungnya dia mau. Besok pagi nya gw bikinin oatmeal, dia jg makan cuman setengah, setengahnya masuk ke perut gw heheheh. Di jus-in pir, dia gak mau minum, maunya makan jeruk. Dia kupas sendiri trus diisep2, ya udah deh gw pikir yang penting buah. Gw udah bilang seh ke adek gw yang cowok, suruh dia masakin buat Adel hehehe. Adek gw ini jago masak dan bikin kue. Dia masakin Adel spaghetti pake ikan kakap dan udang trus pake saus bolognaise cuman gak terlalu asem. Eh dia suka loh, dia makan sendiri, pake tangan diambil satu persatu mi nya, disuapin ama gw kagak mau. Dia bilang “di di di” maksudnya sendiri gt heheheh.

Asiknya makan mi pake tangan

Enak ya mi buatan Uncle

Gw bilang ama adek gw, gw mau nitip Adel kalo suster pulang kampung ahhahha saking desperado nya. Urusan makan siang udah beres, trus kita pulang ke Bekasi deh. Papanya mau ajak Adel main di Miniapolis tadinya, tapi pas sampe bunderan HI, macet bener deh, kita putusin gak jadi deh, terus aja ke Bekasi. Akhirnya jadinya ke Giant Bekasi Barat. Sampe sana ada mobil2an yang pake remote, Adel main disana 15 menit. Sambil gw tanya2 ada mainan apa buat anak2 disana. Ternyata disana ada tempat main yang gede loh, namanya Chipmunk Playland and Cafe. Kalo hari libur bayarnya 60.000. Kalo hari biasa 45.000. Arenanya gede jg loh, ada flying fox jg, trus wall climbing, trampolin sama bumper car. Kalo yang tadi gw sebutin itu, harus bayar lagi kalo mau main. Cuman Adel kan belum bisa main itu semua, jadi yah yg main biasa aja.

Arena Bermain 1

Arena Bermain 2

Arena Bermain 3

Asik banget deh Adel main disana, arealnya jg luas, trus gw nunggunya jg enak sambil duduk di bangku yang tersedia lumayan banyak jg. Kata papa nya lain kalo main disini aja hehhehe. Jam 5-an gw ajak pulang soalnya gw belum bikinin makan malam nya Adel. Sampe rumah langsung masak air buat mandi Adel trus si Adel udah ribut ngomong mamam mamam, kuah. Gw pikir mau makan neh dia, lapar. Jadi gw bikinin kuah pake ayam cincang trus ama brokoli. Abis gw mandiin, gw kasih dia makan. Eh dia kagak mau gw suapin, maunya makan sendiri, trus kuah nya dia guyur semuanya ke nasi, abis itu makannya cuman kuah nya doang, sambil dia comotin brokoli nya. Abis makan dikit, dia udah gak mau. Mabok deh jadinya. Trus laki gw suruh gw mandi aja deh, biar dia yang jagain. Gak lama gw mandi, suster Adel nyampe di rumah, trus dia suapin masa Adel mau loh. Ya ampun, gw bingung deh pake mantra apa dia hahahhaha. Ya sudah lah, gw punya PR neh buat belajar masak yang enak buat Adel.

My Breastfeeding Journey

Kali ini mau cerita soal perjalanan gw menyusui Adel yang saat ini sudah memasuki bulan ke-22. Memang sejak gw masih hamil Adel, gw sudah mulai nyari tau tentang ilmu ASI ini. Dari mulai tanya2 ke Yulia, gabung ke milis asiforbaby, browsing2 di Internet dan baca2 di majalah jg. Sejak mulai tau tentang ASI ini, gw udah bertekad untuk berjuang semaksimal mungkin untuk ngasih ASI ke anak gw. Gw rada2 kuatir jg seh apakah gw bisa ato gak karena gw gak pernah mencicipi ASI mama gw. Katanya seh dulu sama sekali gak keluar, mgk dulu stress jg kali yah ditambah lagi gak ngerti jadi bener2 gak ada sama sekali.

Di minggu ke 32 kehamilan gw, gw ajak laki gw ke Klinik Laktasi di RS. Hermina Bekasi. Disana dijelasin lah sama dokter nya tentang hormon Oksitosin dan Prolaktin yang mempengaruhi ASI. Hormon prolaktin itu yang memicu produksi ASI sedangkan hormon Oksitosin itu yang mengeluarkan ASI dari gudang nya. Kalo kita nya relaks, hepi dan yakin bisa menyusui katanya hormon Oksitosin dengan sendirinya akan tinggi dan produksi ASI jg lancar. Trus diajarin jg posisi menyusui , tentunya praktek pake boneka hehhehe. Trus cara massage jg memerah ASI. Sepulang dari sana , rasanya udah lumayan pede bisa nyusuin. Persiapan jg udah dimulai, gw mulai beli botol kaca untuk simpan ASIP (ASI Perah) trus jg nodong adek gw buat beliin cooler bag hehehhe untuk persiapan pas balik kerja. Segitu pede nya sampe2 kagak beli botol susu sama sekali. Soalnya gw baca2 kan nanti jg untuk ngasih ASIP nya disarankan tidak memakai dot tapi pake sendok atau feeding cup yg Medela itu.

Gw mulai cuti pas kehamilan udah masuk minggu ke-38, kira2 awal Mei 2009. Perkiraan lahirnya tuh tanggal 14 Mei. Ditunggu2 selama 2 mg di rumah aja, gak ada rasa2 mulas atau sakit atau apapun. Masih beraktifitas seperti biasa, bolak balik aja bantuin dagangan laki gw di rumah, sampe2 temen gw dateng ke rumah bingung liat gw masih mondar mandir aja hehhehe. Abisnya emang gw jg berasanya biasa2 aja cuman berat aja dan panas rasanya hehhehe. Sampe2 tante gw tuh udah brp kali telpon nanyain udah mules belon, trus dikasih petunjuk suruh usap2 udel hahahhahha. Pas tanggal 12 Mei malahan istri sepupu gw dulu yang lahiran di-Caesar, padahal dia perkiraan nya masih di tanggal 20-an. Gw jg semakin deg2an seh, bingung jg kok gak ada tanda2 apa2 yah.

Hari minggu, tgl 17 Mei, seperti biasa gw sama laki gw rencana mau ke Jakarta ke rumah nyokap. Tapi gw minta ke laki gw buat mampir dulu ke RS. Mitra Bekasi Barat buat ngecek aja soalnya gw berasa kok agak2 diem nih baby di perut. Sampe di rumah sakit sekitar jam 10-an, langsung ke kamar bersalin, kasih surat pengantar dari dokter ke bidan disana. Trus dicek lah sama mereka, ternyata sudah bukaan 2 dan gak boleh pulang lagi. Akhirnya gw stay di RS sedangkan laki gw pulang ke rumah buat ambil barang2 sambil ngabarin orang rumah. Gak lama , mama gw sama adik gw yg cewek dateng ke RS barengan sama Diana dan Clara. Trus sepupu gw jg dateng meramaikan suasana. Gw jg belon berasa apa2 seh pas saat itu , hanya kadang ada sakit dikit aja trus ilang. Setiap jam suster dateng untuk cek denyut jantung bayi sambil cek bukaan jg. Sore nya MIL dan FIL dateng jg. Setelah mereka semua pada pulang, tinggal gw sama laki gw aja. Kita sempet nonton “Pirates of the Carribean” di teve. Eh jam 10, mulai deh sakit banget. Mules nya tiada tara, seperti mules pas lg datang bulan tapi ini lebih parah. Sakit nya dari pinggang dulu trus menjalar ke perut dan itu gak berhenti2. Gw sampe duduk aja di toilet supaya berasa agak enak-an, soalnya kalo lg sakit perut pas datang bulan, dengan duduk di toilet gt berasanya agak enak-an. Tapi ini udah gak ngefek. Akhirnya balik lg ke ranjang, bolak balik aja disana sambil meremas2 tangan laki gw. Sakit nya gak tahan deh sampe gw minta disuntik epidural aja hahahha. Tapi karena gw masih bukaan 4 saja , gak dikasih ama suster nya. Susternya cuman bilang sabar aja yah bu. Huhuhuhuhuhu

Trus jg bukaan gw baru 4 tapi kontraksinya udah kenceng banget katanya, jadi takutnya gak bs normal harus dioperasi. Susternya konsultasi jg ama dokter gw, dan gw dikasih obat untuk meredakan kontraksinya. Sampe kemudian jam 12-an itu gw berasa ada yang basah di bagian bawah. Gw suruh laki gw panggil suster nya trus dicek2 sama dia ternyata sepertinya bukaannya udah lengkap dan ketuban sudah pecah. Suster2nya langsung pada bawa alat2 ke dalam kamar dan tlp dokternya. Jam stgh 1 pagi, dr. Lina datang dan dia bilang ke gw dikasih waktu 1 jam buat ngeden hahahhaha. Akhirnya dimulai deh proses pengeluaran baby, disuruh angkat kaki terus mulai ngeden. Lama jg tuh prosesnya, sampe beberapa kali ngeden, baru lah keluar jam 1:18. Pas keluar tuh lega banget rasanya. Langsung ditaroh di dada gw sambil diselimutin bayi nya. Sepertinya dia coba2 untuk cari puting tapi belon sampe ketemu udah diangkat sama suster katanya takut kedinginan.

Adel 2 hari

Jam 4 pagi gw baru dipindahin ke kamar perawatan dan jam 7 baru ketemu sama si Adel. Trus gw disuruh belajar nyusuin. Gw masih kagok gendong Adel apalagi kalo pake tangan kanan. Bingung deh. Trus ditanyain mulu ama susternya udah keluar belon ASI nya. Gw jg bingung , dipencet2 gak keluar apa2 hehehhee. Yah tapi tetep aja gw coba nyusuin. Sayangnya di RS ini gak bs rooming in, jadi sehari cuman 3x gw dibawain bayi nya. Dan gw masih cupu jg seh, jadinya gak usaha untuk bolak balik ke ruang bayi nyusuin. Sore nya suster dateng dan bilang kalo anak gw nangis2 , kasian, gimana kalo dikasih susu formula dulu katanya. Soalnya kalo di ruang bayi nangis2 dan emang ASI gw bln keluar nanti anak gw didiemin aja katanya. Ya sudah lah, gw ijinin untuk kasih. Ini seh seharusnya gak terjadi kalo misalnya rooming ini. Karena pengalaman temen gw, dia bs rooming in, jadi tiap kali anaknya nangis langsung dia susuin aja. Jadinya ASI dia jg keluar di hari kedua, sedangkan gw baru keluar di hari keempat. Itu jg anak gw udah keburu enak minum susu lwt botol. Jadi hari ketiga itu kan gw pulang ke rumah. Di rumah setiap kali anak gw nangis , gw coba susuin dulu untuk merangsang keluarnya ASI. Kalo masih nangis jg yah terpaksa bikinin susu formula.

Di hari keempat, gw baru berasa kok agak bengkak PD gw. Trus gw coba pompa dan keluar cairan kolostrum yang warnanya emas makanya disebut Golden Milk. Eh sempet MIL gw bilang jangan dikasih ke anak gw karena itu udah basi. Wah gw langsung bete dengernya, gw langsung telpon ke rumah sakit aja nanya. Trus suster nya bilang, itu jangan dibuang, itu justru yang bagus. Gw kasih tau laki gw dan laki gw bilang kasihin aja. Senengnya denger support dari laki gw saat itu. Setelah itu gw udah lumayan seneng karena akhirnya keluar jg ASI gw. Cuman kok si Adel kayaknya gak puas2 deh nyusu nya sedangkan gw baca katanya bayi paling nyusu 2 jam sekali. Kok Adel gak gt yah, tiap jam dia nempel terus, kadang2 abis pipis/pup pasti mau nyusu lagi. Gw sampe capek bener deh, jadinya minggu2 pertama malam2 selalu ditambal susu formula 1 botol 60 ml biar dia kenyang.

Pas Adel 10 hari, gw memutuskan untuk balik lagi ke Klinik Hermina untuk belajar nyusuin, gw pengen tau apa posisi nya sudah bener belon trus perlekatannya udah bener belon. Papa gw sampe komentar, nyusuin aja pake belajar hahahhahah. Sampe disana dokter nya bilang cara gw nyusuin udah bener, posisinya jg udah oke, hanya katanya gw kurang pede. Gw jg diomelin karena kasih susu formula pake botol pula hehehhee. Yah abis gimana yah, kadang2 teori kan beda dengan prakteknya. Dengan kondisi anak nangis2 kenceng gt trus ditambah dengan omongan dari sekitar yg bilang PD gw lembek, gak ada isinya, gak ada airnya, masih lapar lah bla bla bla, itu semua bikin gw down jg kadang2. Tapi untungnya gw punya temen seperti Yulia yang rela digangguin tiap hari, gw tanya2 mulu ke dia lewat SMS. Dia jg membesarkan hati gw, kalo bulan pertama emang berat tapi nanti jg enak kok katanya. Trus gw jg baca2 blog Nat tentang masa2 dia nyusuin Avel yang si Avel jg nempel terus ama dia, gw jadi berasa gw gak sendiri. Ternyata orang2 lain jg ada yang mengalami kayak gw. Jadi sepertinya emang awal2 dia tuh lagi memperbanyak ASI. Pola nyusuinnya jadi gak ngikutin yang umum, 2 jam sekali itu. Kadang baru stgh jam udah minta lagi. Bulan pertama itu bener2 masa perjuangan buat gw dan jg Adel. Apalagi gw tipe yang gak bs begadang, kali ini mau gak mau gw harus begadang, karena malam2 jg sejam sekali, Adel bangun buat nyusu. Trus gw jg belon bs nyusuin sambil tidur, jadi terpaksa harus duduk. Pegel banget pinggang rasanya. Sambil ngantuk2 nyusuin trus ditemenin ngobrol jg sama suster gw seh jadi gak terlalu suntuk hehhehe. Masa peralihan dari botol susu ke nyusu langsung ke gw itu bener2 harus dilalui dengan tekad keras. Karena awal2 tuh Adel kalo disodorin nipple langsung teriak2 nolak, tapi gw keukeuh nyodorin terus sampe akhirnya dia mau. Biasanya pagi2 gw latihan mompa trus hasil pompaannya dikasihin ke Adel pake sendok jadi gw bisa istirahat sebentar. Tapi ngasih pake sendok jg perjuangan tuh, karena Adel jg geleng2 gt kalo dikasihin.

Cukur 40 hari

Masuk bulan kedua, baru lah gw berasa lebih enak. Karena udah belajar nyusuin sambil tiduran jadi malam2 udah gak terlalu capek. Trus gw mulai stok ASIP jg karena gw parno nanti pas gw udah kerja takut kurang minum. Udah gt rumah kan jauh dari kantor, takut macet bla bla bla. Gw sampe khusus beli 1 freezer untuk simpan ASIP gw. Jadi dari mulai anak gw sebulan gw udah mulai pompa dan simpan ASIP di freezer. Sampe pas hari pertama gw masuk kerja di bulan Agustus, kira2 stok gw ada 60-an botol kali yah. Isinya seh bervariasi dari 90-120 ml. Pake botolnya jg ada yang model botol UC, ada jg botol yg pake tutup karet.

Hari pertama, bawaan gw ke kantor udah banyak banget deh. Bawa cooler bag dengan blue ice trus bawa 4 botol kaca buat simpan ASIP nya. Trus gw baca pompa Medela Mini Electric gw jg beserta batere nya. Trus gw usahain mompa 4x di kantor. Sampe kantor kira2 jam 7, jadi jam 8 gw pompa pertama, trus jam 11, jam 2 dan jam 4. Rutinitas ini gw jalanin selama setahun. Ternyata bisa juga gw lalui, walaupun kadang ada rasa bosan dan jenuh jg tapi tiap kali ada rasa itu gw langsung mikir kalo gw males mompa nanti Adel minum susu nya kurang dan mikirin manfaat2 yang akan dirasakan Adel. Trus di kantor jg kita mompa nya kan bareng2 sama Ibu2 lain jg. Jadi bisa sambil cerita hehhehe. Kita udha bener2 gak ada rasa sungkan mompa bareng2 gt. Karena mau gimana lagi, ruangannya terbatas sedangkan jadwal pompa kan bs barengan, jadi yah kita sharing ruangan aja. Misalnya ada yang lagi mompa di dalam ruangan itu, yang mau masuk ngetok dulu trus yang di dalam ngumpet dulu baru lah yang di luar bisa masuk. Seru jg seh kalo ingat masa2 itu hehhehee.Karena ngeliatin ibu2 yang lain mompa pake tangan, gw memutuskan untuk belajar jg pake tangan supaya gak ribet bawa2 pompa dan cuci2 segala. Pertama2 seh pegel banget deh tapi lama2 biasa dan berasa lebih enak pake tangan. Jadi pompa gw tinggalin di rumah. Awal2 jg mompa masih ke botol Medela yang gede mulutnya, lama2 langsung ke botol kaca hehhehe.

Selama gw kerja, ASIP nya dikasihin pake botol abisnya suster gw gak sanggup kasih pake sendok katanya banyak yg tumpah. Gw ngalah deh sambil berdoa semoga si Adel gak bingung puting dan tetep mau nyusu ama gw. Awal2 pake dot, Adel nolak loh sampe2 gw bingung deh. Gw sampe googling2 nyari dot yg menyerupai nipple. Segala jenis dot gw beli dan cobai ke Adel. Akhirnya ada jg yang cocok jadi gw gak kuatir lagi deh ninggalin dia.

Gw jg udah pernah ngerasain mompa di rumah sakit pas Papa gw lagi dirawat di Husada. Pas saat itu, gw mompa nya pindah2 karena Papa kan di ICCU jadi kita nungguinnya di hall gede gt kan. Jadi gw harus bergerilya nyari ruangan kosong trus nitipin ASIP nya ke kulkas. Sampe2 suster di sana hafal sama gw gara2 ASI ini hehhehhe.

Trus karena gak lama Papa gw meninggal, gw jg pernah ngerasain mompa di rumah duka. Kalo ini masih mendingan seh, karena kan ada ruangan buat istirahatnya jadi gw bs mompa disana dan ada kulkas jg buat naroh ASIP nya.

Masuk tahun kedua gw nyusuin, gw mulai kurangin frekuensi mompa di kantor jadi 3x. Karena stok di freezer jg masih banyak jadi gw berpikir harus pelan2 dikurangin jg. Selain itu Adel minumnya jg udah gak sebanyak dulu karena dia jg udah makan macam2 kan. Trus sabtu minggu gw jg udah mulai gak mompa di rumah.

Pelan2 stok ASIP gw berkurang sampe akhirnya gak perlu lagi pake freezer khusus. Freezer nya akhirnya gw bersihin dan cabut listriknya. Pas Adel 18 bulan, gw mulai coba kasih dia susu tambahan. Selama ini paling dia makan yoghurt dan keju aja seh belum pernah dikasih susu. Gw pertama2 beliin Susu Ultra dari yang plain, coklat , stroberi dia gak mau. Dia minum seh kalo disendokin tapi sambil marah2 gt hehehhehe. Lucu jg deh kalo denger cerita sus gw. Katanya kalo dikasih susu itu, dia langsung teriak mama mama gt. Walaupun dicampur ASIP , dia jg masih berasa. Akhirnya gw coba2 beli susu yang lain. Ketemu deh susu bendera yang rasa coklat. Dia mau minum yang itu tanpa protes. Tapi minum nya jg masih disendokin seh hehehhe. Oh ya, Adel gak mau ngedot lagi dari umur 9 bulan setelah sakit. Jadi sejak itu minum susu nya disendokin deh.

Setelah dia minum susu tambahan itu, gw kurangin lagi mompa di kantor jadi 2x terus jadi 1x, sampe akhirnya awal bulan ini gw berhenti mompa. Jadi sekarang kalo pas gw kerja, Adel hanya minum susu bendera aja 2x , pagi dan sore. Nyusu ke gw hanya pas gw ada di rumah aja. Udah beberapa bulan ini seh gw udah sounding ke Adel, kalo udah gede jadi harusnya udah gak nyusu lagi hehhehe. Dia bs jawab iya seh tapi tetep aja minta nenen hahhahahah. Ceritanya udah mau gw sapih pelan2. Semoga sukses deh penyapihan Adel hehhehe.

Gw gak nyangka jg seh bisa nyusuin sampe selama ini. Apalagi di awal2 nyusuin itu, banyak pihak yang meragukan kalo gw bisa kasih ASI aja tanpa susu tambahan. Tapi gw belajar kalo emang nyusuin itu adalah kerja sama banyak pihak terutama suami yah. Karena awal2 itu berat sekali, kalo gak ada dukungan dari suami, teman , sodara de el el, kayaknya gw jg gak bakalan berhasil lewatin masa2 itu. Dan gw jg bukan yang tipe produksinya berlebihan sampe surplus makanya kalo ditanya orang ASI nya banyak yah, gw jawab cukup aja seh buat anak gw. Trus buat working mum, kunci sukses nya jg di disiplin mompa dan jg stok ASIP sejak dini. Gw bersyukur bisa mendapatkan kesempatan untuk nyusuin Adel sampai saat ini. Momen nyusuin itu emang selalu bikin kangen, momen liat2 sama Adel, trus dia isengin rambut gw lah, cemek2 muka hehhehehhe. Semoga bs mengulangi kebersamaan yang indah ini dengan adik nya Adel nanti hahhahahah.

Happy Family

Minggu Lalu

Mau cerita kegiatan pas minggu lalu, tgl 6 Maret kemaren. Udah telat seminggu hehehhe tp gpp deh drpada tidak diceritain sama sekali. Jadi minggu lalu, Adel dapet undangan pesta ulang tahun yang pertama dari tetangga nyokap gw. Tetangga seberang rumah nyokap gw punya 2 anak, yang pertama namanya Ethan udah umur 3 taon jadi Adel panggil dia Koko Ethan dan adiknya namanya Elleanor panggilannya Elaine. Nah yang ulang tahun ini si dede Elaine. Undangannya jam 10 pagi bertempat di KFC Cideng. Minggu lalu itu hari Sabtu nya kita gak nginep di rumah nyokap jadinya Minggu pagi baru lah kita berangkat ke Cideng buat ikutan pesta ultahnya itu. Dari rumah jam 9-an udah berangkat. Perjalanan lancar dan selama di mobil si Adel tidur. Sampe sana pas jam 10, masuk ke dalam KFC nya dan naik ke lantai 2 tempat acara nya berlangsung. Ternyata tamu nya belum banyak yang datang. Sampai sana dapat cup cake sebagai ucapan terima kasih nya. Ini seh mama dan papa nya yang makan hehehhee. Enak cup cake nya, sayangnya kecil dan harus bagi dua hehehhehe.

Masing2 anak dikasih mahkota kertas yang ditulisin namanya. Awalnya seh si Adel mau dipakein , tapi lama2 dia udah gak betah dan minta dilepas. Sebelum acaranya mulai, Adel main perosotan dulu di sebelah tempat acara. Pas udah rame baru deh acaranya dimulai. Seperti biasa nyanyi2 lagu ulang tahun trus ada games2 dan sulap jg. Tapi Adel kayaknya gak nyaman pas acara nya. Mungkin karena sound system nya yang keras kali yah. Jadi di tengah2 acara dia ngajak keluar sambil bilang “Main” terus2an. Dibujuk2 gak mau jg stay di dalam ruangan, ya udah kita keluar deh dan dia main perosotan aja hehehhee.

Kostum Pesta Adel

Kostum Pesta Adel

Gaya standar Adel

Gaya standar Adel

Abis main sebentar, Adel minta makan. Ya udah jadi sus nya suapin dia makan , papa mama nya antri makanan di bawah hehehheh. Dapet goodie bag isinya ada tas gambar princess gt, langsung si Adel minta dibukain plastiknya dan tuh tas dicangklongin ke bahu nya. Trus ada botol minum jg kan, dia pura2 minum dari botol itu.

Penyelamat Anjing

Kali ini mau cerita tentang Papanya Adel 🙂

Waktu hari Rabu lalu, papa janjian main badminton sama temennya Om Anom. Jadi dari rumah jam 7 kurang (malam) sudah berangkat menuju Galaxy jemput si Om dulu. Setelah itu sama2 berangkat ke lapangan. Dalam perjalanan ke lapangan itu, Papa ngeliat seekor anjing sedang dituntun sama bapak2 menepi ke pinggir jalan. Sepertinya tuh anjing tadinya lokasinya di tengah2 jalan. Pas diliat kondisi anjingnya bener2 memprihatinkan. Katanya berdarah2 gt, mgk bekas dipukulin orang ato kutuan kali yah. Papa akhirnya memutuskan untuk berhenti dan melihat kondisi anjing tersebut.

Ada beberapa orang jg yang sedang ngeliatin anjing tersebut. Ada satu ibu2 yang bilang kalo dia udha liat anjing tersebut dari beberapa hari yang lalu. Sepertinya semua prihatin dengan kondisi anjing tersebut tapi tidak ada yang bergerak untuk nolong anjing tersebut. Katanya seh anjing nya jenis Husky ya, gw jg gak gt ngerti seh dunia per-anjing-an ini :D.

Singkat cerita, Papa mutusin untuk bawa anjing tersebut ke dokter hewan supaya luka di tubuhnya bisa dirawat (jadinya batal main badminton). Katanya bau nya jg udah bener2 parah. Papa minta bantuan orang2 disana untuk mengangkat anjing tersebut ke dalam mobil. Anjing tersebut sudah lemas sekali. Sampai di klinik, Papa minta dokter periksa kondisinya. Katanya seh emang kutuan dan harus dicukur bulunya trus harus dikasih antibiotik dan salep. Dokter bilang bisa diambil setelah 2 hari. Papa bingung dong karena di rumah kan gak mgk pelihara anjing itu, karena kita masih nebeng. MIL pasti tidak setuju nambah peliharaan anjing. Niatnya hanya nolong tuh anjing aja katanya. Jadi trus Papa bilang ama dokter untuk menitipkan anjing tersebut selama 1 mg, sambil nanti dipikirkan mau dikemanain anjing tersebut. Semoga anjing itu bisa menemukan orang yang mau merawat dia dengan sungguh2. Karena katanya sebenernya anjing ini ada yg punya, itu terlihat dari kalung di lehernya. Mgk karena kutuan dan gak dirawat jadi trus dibuang sama pemiliknya. Sebel deh kalo ada orang spt itu. Seperti tetangga kita yang pelihara beberapa ekor anjing tapi jarang dimandiin jadinya bau nya parah deh sampe kalo ada angin aja, bau nya bisa nyebar ke rumah kita.

Emang Papanya Adel ini hatinya mudah tersentuh dengan hal2 seperti ini. Seperti waktu kita masih kuliah di KL, gw inget banget kan kita ke Pasar Malam di SS2, ada pengemis nenek2 disana. Dia gak tega liatnya, langsung dia kasih uang dalam jumlah yang lumayan besar menurut gw, sekitar RM 50. Katanya dia jadi inget Poponya. Kasian udah tua tapi hidupnya terlunta2 di jalanan. Semoga Adel nanti bisa mempunyai rasa empati yang besar seperti itu yah.

Piyama Favorit

Akhir2 ini Adel udah punya keinginan untuk milih baju apa yang dia mau pake, sepatu apa yang dia mau cobain, pokoknya udah mulai ada keinginan. Salah satu nya yah milih piyama untuk dipake bobo. Yang sekarang jadi favoritnya dia adalah Piyama GAP yang gambar Singa, Monyet ama Buaya numpuk gt. Jadi nih piyama mengalami proses pake-cuci-gosok-pake lg terus aja gt. Kalo dia liat nih piyama di tumpukan baju walaupun diumpetin di paling bawah, dia akan pilih piyama ini. Dia bakal bilang “AUM” hahahhahaha. Dia hafal suara Singa tuh aum jadi karena dia bln bisa bilang singa, dia bilangnya Aum.

Padahal dia punya banyak piyama, entah kenapa milihnya selalu yg ini. Gw beliin dia banyak jg Piyama GAP hehehe. Dari yang harganya masih 70rb-an ampe sekarang yg plg murah 55rb. Ada jg piyama nya yg belon dipake karena masih terlalu besar, gw beli yg ukuran 5 taon hehhehe. Kapan2 pengen potoin satu persatu piyama nya dan di list down di blog 🙂